Thursday 28 January 2016

POLITIK DI NEGARA KUBA

PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang.

Menurut sejarah, filsafat Marxisme adalah filsafat perjuangan yang dianut oleh kaum buruh untuk menyingkirkan Kapitalisme demi mewujudkan Sosialisme di dunia. Filsafat ini dirumuskan oleh Karl Marx dan Friedrich Engels 150 tahun yang lalu dan terus berkembang hingga sekarang ini. Oleh karena itu Marx menuangkan pemikirannya untuk kaum buruh dan tidak hanya untuk kaum intelektual dan para filsuf terpelajar, sehingga filsafat ini adalah miliknya kaum buruh. Bukti penentangan Marx terhadap kaum borjuis yang hanya mementingkan kepentingan pribadi, sementara penindasan terhadap kaum buruh terus terjadi. Kaum borjuis lebih mendominasi kekayaan, sehingga yang kaya bertambah kaya, dan yang miskin bertambah miskin.
Marxisme adalah kata lain untuk sebuah filsafat yang bernama dialektika materialisme. Dialektika dan materialisme adalah dua filsafat yang dikembangkan oleh filsuf-filsuf Barat dan juga Timur, yang kemudian disatukan oleh Marx menjadi dialektika matrealisme, hal inilah yang mendasari teori marxisme.
Sejarah tentang pertentangan antara Kapitalisme dengan Sosialisme diberbagai negara Amerika latin seperti Kuba, Venezuela, Brazil, Argentina dan lain-lain. Kapitalisme yang selalu dianggap tidak adil, dan sosialisme sebagai penuntut keadilan. Perjuangan sosialisme yang didasari atas penindasan membuat semangat juang yang lebih besar untuk tercapainya sebuah kebebasan. Kali ini saya akan membahas tentang perjuangan sosialisme di Negara Kuba.

B.     RUMUSAN MASALAH
Untuk mempermudah, saya akan menyusun rumusan masalah sebagai berikut :
1.      Latar belakang permasalahan yang terjadi di Kuba.
2.      Sudut pandang Kuba.
3.      Penyebab terjadinya revolusi di Kuba.
4.      Jalannya revolusi di Kuba.
5.      Manfaat revolusi di Kuba.



BAB II
PEMBAHASAN
A.     Latar belakang permasalahan yang terjadi di Kuba.
Ketika Cristoper Columbus melihat Kuba pada tanggal 27 oktober 1492, dalam pelayaran yang dihapit oleh samudra atlantik dan laut karibia Kuba merupakan Negara yang berada di kawasan Amerika tengah dengan penduduk 12.000.000 dan kepulauan dengan jumlah pulau 1.600 dan bahasa yang digunakan adalah bahasa Spanyol.
Revolusi Kuba adalah revolusi yang pertama membebaskan bangsa itu dari imperialisme yang secara historis,belum pernah terjadi. Revolusi Kuba menggunakan kekuatan revolusioner yang konsisten dari kaum proletar massa rakyat. Digerakkan oleh semangat yang kuat, revolusi Kuba ini dipimpin oleh Fidel Castro sebagai pemimpin revolusioner dari Negara Kuba untuk menentang pemerintahan dari Filguenco Batista menjalankan dengan banyak penyelewengan sehingga menyebabkan timbulnya pemberontakan di Negara Kuba dan menimbulkan terjadinya revolusi yang dipimpin oleh Fidel Castro dan Che Guevara.

B.     Sudut pandang Kuba.
Kuba berasal dari kata Indian Cubanancan, yang artinya “pusat” atau “tempat pusat” dan dengan ibukota Negara sekarang Havana, dengan letak geografis Amerika tengah (sebuah pulau di laut Karibia) dan penduduk 12.000.000 jiwa dan menggunakan bahasa spanyol, pemerintah Republik Komunis di pegang oleh kepala Negara dan pemerintahan (Presiden dan Dewan Negara) mata uang Peso Kuba hari besar Nasional 1 januari dan lagu kebangsaan Himmo de Bayemo (Himne Biyamo).
Kuba adalah Negara yang terdiri dari 1.600 pulau, pulau-pulau kecil, dan batu-batu karang. Kuba yang terletak di teluk Meksiko, laut Karibia.kuba merupakan negara yagn terkenal dengan cerutunya. Kuba juga sebelumnya juga lama menjadi jajahan Spanyol. Pada masa Perang Dingin, Kuba yang letaknya sangat strategis juga tidak luput dari incaran perluasan pengaruh dan ideologi Negara Adidaya. Kuba merupakan Negara Republik Komunis pertama yang berada di belahan bumi Barat. Letak Kuba yang dekat dengan Negara Amerika Serikat menjadi ancaman serius bagi Amerika Serikat.
Kuba pertama kali ditemukan oleh Columbus, orang Spanyol pada tahun 1492. Seperti halnya tempat-tempat lain yang ditemukan orang Eropa dalam masa penjajahan samudra, begitu pula dengan nasib Kuba. Columbus segera mengklaim bahwa kuba adalah milik Spanyol. Sejak saat itu, Kuba menjadi koloni Spanyol. Pada sekitar tahun 1868-1878 di Kuba timbul gerakan menuntut kemerdekaan. Perang kemerdekan tahap kedua muncul pada tahun 1895 dengan dipimpin Jose Marti.

C.     Penyebab terjadinya revolusi di Kuba.
Pada awalnya, ketika itu pemerintahan Kuba dipimpin oleh seorang presiden yang merupakan seorang mantan tentara bernama Filguenco Batista y Zadivar. Dia bisa mendapatkan posisi sebagai presiden Kuba setelah mengambil tumpuk kekuasaan presiden sebelumnya dan dia mulai berkuasa di Kuba pada tahun 1934. Dia berhasil mendapatkan pengaruh dari Amerika Serikat. Namun, sayang sekali saat kepemimpinan Batista ini, dia bertingkah sebagai diktator sehingga kekayaan alam yang dimiliki Kuba tidak bisa dinikmati sepenuhnya oleh yang berhak menikmatinya, yaitu rakyat kuba itu sendiri. Selain itu pula ia ingin maju kembali sebagai presiden Kuba walaupun dengan cara yang tidak semestinya.
Kekayaan Negara itu tidak selalu dibagi rata dan dimanfaatkan sebaiknya untuk memakmurkan rakyatnya (Szulc; 1988, 239). Padahal Kuba merupakan Negara yang cukup subur. Kuba terkenal dengan hasil alamnya, yaitu gula yang merupakan hasil dari tanaman tebu yang merupakan tanaman yang dapat tumbuh dangan baik di Kuba.
Sekarang pertanyaannya adalah, mengapa ketika Batista duduk sebagai presiden Kuba bisa mendapat dukungan dari Amerika? Jawabannya adalah ketika tahun 1898 terjadi suatu perang antara Spanyol dan Amerika Serikat. Ketika itu pemilik Negara Kuba adalah Spanyol. Namun, saat terjadi perang tersebut Spanyol mengalami kekalahan. Hal ini membuat Kuba jatuh ke tangan Amerika Serikat dan ditambah lagi dengan berpindahtangannya wilayah jajahan Spanyol lainnya kepada Amerika Serikat yaitu wilayah Puerto Riko dan Filipina. Maka dengan demikian Amerika menjadi pemilik wilayah Kuba.
Memang Kuba diberi kemerdekaan resmi pada tahun 1902. Akan tetapi, Kuba baru diperkenalkan memperoleh kemerdekaan resmi setelah menerima apa yang disebut Amandemen Platt sebagai bagian dari konstitusi militer Amerika Serikat di pulau itu (termasuk pangkalan yang terkenal di Guantanamo, yang masih dikuasai oleh Amerika Serikat sampai sekarang).  Amandemen ini juga mencangkup syarat-syarat berikut ini: “pemerintah Kuba sepakat untuk memperkenankan Amerika Serikat memperoleh hak untuk melakukan intervensi untuk melindungi kemerdekaan kemerdekaan Kuba, pelestarian suatu pemerintahan yang layak untuk melindungi perikehidupan, hak milik, dan kebangsaan seseorang...”(Szulc; 1988, 245). Namun, hal ini membuat seraya Kuba berada dalam cengkraman Amerika Serikatdan hal ini pulalah yang termasuk kedalam sebab-sebab munculnya revolusi 1953.

D.    Jalannya revolusi di Kuba.
Semenjak kemerdekaannya pada tahun 1898, Kuba dipimpin sejumlah presiden yang korup salah satunya adalah Fulgencio Batista y Zaldivar. Batista setelah gagal melegitimasi kekuasannya melalui pemilu demokratis kemudian melakukan kudeta dan berhasil memperoleh kekuasaan. Namun, saat Batista berkuasa muncul gerakan anti Batista dari seorang pengacara yang berasal dari Santiago de Cuba yaitu Fidel Alejandro Castro Ruz atau akrab dengan panggilan Fidel Castro.
Tanggal 16 Juli 1953 merupakan langkah awal revolusi yang disuarakan Fidel Castro. Fidel Castro dan 119 orang yang terhubung dalam tersebut menyerang Barak Moncada yang terletak di Santiago de Cuba. Banyak diantara meraka yang meninggal dalam penyerangan ini dan yang masih hidup termasuk Fidel Castro beserta adiknya Raul Castro divonis hukuman penjara 15 tahun dalam persidangan yang sarat muatan politik. Namun setelah pemilu 1955, meraka dibebaskan beserta tahanan politik lainnya dan kemudian beranjak menuju meksiko dan bergabung dangan orang-orang Kuba yang siap membebaskan negerinya.
Selama masa itu Castro juga bertemu  dr. Che Guevara dari Argentina , yang bergabung dengan angkatan mereka. Pada bulan Desember 1956, 82 pemberontak meninggalkan  meksiko menumpang perahu Granma menuju Kuba. Semuanya terbunuh kecuali 12 orang. Castro bersaudara dan Guevara termasuk orang-orang yang selamat. Para pemberontak yang selamat melarikan diri ke Sierra Maestra mendirikan kamp di sana dan melakukan perlawanan gerilya selama 25 bulan, mereka bisa memperbesar pasukan dan mendapat beberapa cacatan kemenangan melawan pasukan Batista
Fidel Castro, Che Guevara dan para gerilyawan bisa merebut kekuasaan pada tahun 1959 karena kediktatoran Batista amruk secara spontan, sehingga terjadi sebuah rkevakuman politik. Dalam sebuah pidato di universitas Princeton di AS Castro menegaskan bahwa “Bertentangan dengan pola Revolusi Rusia dan model Marxis, revolusi di Kuba tidak berdasarkan perjuangan kelas... revolusi ini juga tidak berniat maniadakan kepemilikan swasta.”
Castro menjadi salah satu pemimpin di dunia yang berkuasa paling lama. Castro berkuasa dari 2 Desember 1976 hingga 24 Februari 2008 walaupun secara de facto berakhir pada 31 Juli 2006 dan menyerahkan kekuasaannya sementara pada adiknya Raul Castro karena kesehatannya yang bermasalah. Praktis , Raul merangkap jabatan, yakni sebagai presiden Kuba dan Mentri Pertahanan Kuba. Pada 19 Februari 2008 sebelum mandatnya berakhir, Castro menyatakan tidak akan mencalonkan diri maupun menerima masa bakti baru sebagai presiden atau komandan angkatan bersenjata Kuba. Jabatannya digantikan oleh adiknya, Raul Castro.

E.     Manfaat revolusi Kuba.
Revolusi di Kuba yang berhasil menggulingkan rezim Batista yang pro Amerika ini menimbulkan beberapa dampak yang sangat berpengaruh dalam Negara Kuba, dengan jalan revolusi, Kuba mendapat perkembangan besar diberbagai sudut dan komponen yang mengarah ke arah kemakmuran. Modernisasi inipun tercipta dengan sangat pesatnya di Kuba. Tapi tidak terlalu bebas, karena adanya kontrol sosial dan struktural Negara berperan sangat penting. Dengan jatuhnya rezim Batista maka berdirilah Negara sosialis pertama di belahan barat dunia, dengan paham ini maka berdampak diberbagai bidang seperti bidang politik, ekonomi, sosial, pendidikan dll.
fidel castro yang berpaham komunis menjadikan Kuba sebagai Negara komunis yang menganut sistem satu partai, sistem ini menimbulkan reaksi keras dari pemerintah Amerika Serikat yang mengecam seluruh warganya yang berkunjung ke Kuba.selain itu pemerintah Amerika Serikat memberlakukan undang-undang yang berencana mengisolasi Kuba secara ekonomi lewat embargo dan putusnya hubungan diplomatik antara dua Negara itu, dengan adanya embargo dari Amerika Serikat tidak sedikit dari kaum ilmuan, terdidik, dan professional Kuba yang hijrah ke Amerika Serikat. Namun perlahan Kuba bisa bangkit dan mendidik ilmuan-ilmuan baru, dalam dunia pendidikan pemerintah revolusioner kuba memutus peran gereja katholik dalam
Pemerintahan Kuba dibawah pimpinan Fidel Castro mengalami perkembangan yang signifikan, tetapi seperti negara Amerika tengah lainnya Kuba mengalami permasalahan sosial yang berkaitan dengan pertanian, pengangguran, dan kesehatan. Tetapi di bawah pimpinan Castro bidang kesehatan dan pedidikan mengalami kemajuan.

BAB III
PENUTUP
Revolusi yang dilakukan oleh Fidel Castro dan Che Guevara membuahkan hasil meruntuhkan rezim kekuasaan Batista yang otoriter. Selama proses yamg terjadi di Kuba , Fidel Castro dan Che Guevara sangat berpengaruh penting. Revolusi tersebut mengubah Kuba dari segalanya, dan mengubah penduduk untuk menjadi yang lebih maju.
Pada awalnya masyarakat tidak percaya terhadap revolusi yang dibawa oleh Fidel Castro, akan tetapi lambat laun masyarakat mulai menyadari akan dampak positif dari revolusi tersebut. Dengan terputsnya hubungan Amerika Serikat dengan Kuba, maka Fidel Castro harus mengakui dirinya bahwa dia adalah Komunis sehingga dapat menerima bantuan dari kaum komunis.


                                                    DAFTAR PUSTAKA
 ·         Szulc, Tad. (1988). Negara dan Bangsa (jilid 8, Amerika Utara dan Amerika Tengah). Jakarta: Groulier internasional dan PT. Widyadira
·  Ismanto. (2011). Kemenangan Revolusi Kuba: 1 Januari 1959  [Online]. http://www.belajarsepanjangjalan.com/2011/12/kemenangan-revolusi-kuba-1-januari-1959-html
· (t. Nama). (2008). Fidel Castro dan revolusi kuba. [online] tersedia: http//redbuletin.wordpress.com/2008/01/21/fidel-castro-dan revolusi-kuba/.


SEMOGA BERMANFAAT......
          BANTU SHARE JUGA YA GAN.....
                    THANKS.....

No comments:

Post a Comment