Monday 16 November 2015

Review Film Secretly Greatly

            Secretly-Greatly adalah sebuah film aksi drama komedi Korea Selatan yang secara umum menjelaskan tentang konflik antara Korea Selatan dengan Korea Utara dari segi kemiliteran. Secara khusus film ini menceritakan tentang penugasan agen mata-mata Korea Utara untuk menyusup ke Korea Selatan. Film ini disutradarai oleh Jang Cheol-soo yang dirilis pada tanggal 5 Juni 2013. Film ini mencerminkan kehidupan agen khusus Korea Utara yang mengharuskan untuk mengabdikan diri mereka pada Negara.

            Film ini dibintangi oleh beberapa aktor ternama yaitu Kim Soo-hyun yang berperan sebagai Letnan Won Ryu-hwan dan memiliki nama samaran Bang Dong-gu dia adalah agen top Korea Utara yang mengalahkan 20.000 pesaing lainnya, fasih dalam lima bahasa dan memiliki kemampuan luar biasa untuk membaca pikiran orang. Menyamar sebagai seorang idiot desa. Park Ki-woong yang berperan sebagai Rhee Hae-rang dan memiliki nama samaran sebagai Kim Min-su di dalam film ini dia adalah anak seorang pejabat Korea Utara berpangkat tinggi Rhee Moo-Hyuk, dan sebagai agen hampir sama baiknya dengan Ryu-hwan. Menyamar sebagai calon penyanyi. Kemudian aktor ternama lainnya adalah Lee Hyun-woo yang berperan sebagai Rhee Hae-jin, dia menjalankan peran sebagai Agen rahasia termuda dalam sejarah Korea Utara. Menyamar sebagai seorang siswa SMA. Serta Son Hyun-joo yang berperan sebagai Kolonel Kim Tae-won, kepala pelatihan 5446 Corps.
                                                                            
            Sekelompok mata-mata yang disebut 5446 Korps dilatih oleh Korea Utara, mereka menjalani pelatihan khusus militer sejak masa muda mereka, seolah-olah menuju tujuan mulia untuk menyatukan Korea. Mereka dengan ambisius dikirim ke Korea Selatan sebagai mata-mata. Setiap dari anggota militer dilatih untuk mempunyai rasa Nasionalisme, sehingga ketika mereka ditugaskan ke negara lain mereka dapat menjaga kesetiaan mereka kepada Republik.

Nasionalisme adalah satu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara (dalam bahasa Inggris nation) dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia yang mempunyai tujuan atau cita-cita yang sama dalam mewujudkan kepentingan nasional, dan nasionalisme juga rasa ingin mempertahankan negaranya, baik dari internal maupun eksternal (Retno Listyardi Setiadi, 2008, 32-33). Para nasionalis menganggap negara adalah berdasarkan beberapa "kebenaran politik" (political legitimacy). Ikatan nasionalisme tumbuh di tengah masyarakat saat pola pikirnya mulai merosot. Ikatan ini terjadi saat manusia mulai hidup bersama dalam suatu wilayah tertentu dan tak beranjak dari situ. Saat itu, naluri mempertahankan diri sangat berperan dan mendorong mereka untuk mempertahankan negerinya, tempatnya hidup dan menggantungkan diri. Dari sinilah cikal bakal tubuhnya ikatan ini, yang notabene lemah dan bermutu rendah. Ikatan ini pun tampak pula dalam dunia hewan saat ada ancaman pihak asing yang hendak menyerang atau menaklukkan suatu negeri.

Seorang nenek tua yang bernama Jeon Soon-im yang diperankan oleh Park Hye-sook, nenek baik hati yang menyelamatkan Letnan Won Ryu-hwan ketika terbaring lemas sesampainnya di Korea Utara. Anak dari nenek baik hati ini adalah  Jo Doo-seok yang diperankan oleh Hong Kyung-in, dia adalah seorang mahasiswa akademi kepolisian. Nenek yang mempunyai anak tunggal ini menganggap Letnan Won Ryu-hwan sebagai anak keduanya dan memberinya nama Bang Dong-gu.

Pengintaian yang dilakukan oleh Letnan Won Ryu-hwan di Negara Korea Selatan telah dijalaninya selama kurang lebih 2 tahun. Dalam pengintaiannya itu dia telah mengamati setiap gerak-gerik warga di daerah yang ditempatinya. Yoon Yoo-ran, seorang wanita berumur 22 tahun yang diperankan oleh Park Eun-bin, seorang akumtansi di perusahaan kecil. Kemudian adik dari Yoon Yoo-ran yang bernama Yoon Yoo-Joon, pelajar SMA berumur 18 tahun, memukul kepala Bang Dong-gu setiap akan berangkat sekolah adalah kegiatan rutin yang selalu ia lakukan. Wanita penghibur yang selalu pulang pagi, Heo Jeom-ran, disingkat "Ran" yang diperankan oleh Lee Chae-young, saat dia berumur 18 tahun, dia memiliki seorang anak, dan sudah 7 tahun dia tidak bertemu anaknya. Lalu seorang pengantar barang yang juga warga Korea Utara, Deong-chi yang diperankan oleh Yoon Won-seok, dia mengaku telah tinggal di Korea Selatan selama 16 tahun. Go Yi Seun, 65 tahun, orang-orang memanggilnya sesepuh, memiliki 20 kamar sewa seharga 1,5 juta won, dan dia adalah orang terkaya di desa.

Melewati waktu membosankan tanpa menerima perintah dari Utara, mereka secara bertahap terbiasa untuk hidup sebagai tetangga biasa di sebuah kota kecil, sampai suatu hari, kehidupan biasa mereka berbalik ketika sebuah misi "rahasia dan besar" tiba-tiba ditugaskan kepada mereka. Melewati waktu membosankan tanpa menerima perintah dari Utara, mereka secara bertahap terbiasa untuk hidup sebagai tetangga biasa di sebuah kota kecil sampai suatu hari, kehidupan biasa mereka berbalik ketika sebuah misi "rahasia dan besar" tiba-tiba ditugaskan kepada mereka. Karena peristiwa Pertempuran Kedua Yeonpyeong, Korea Selatan menuntut nama, lokasi, dan peringkat dari 30 mata-mata Korea Utara yang aktif di Korea Selatan, yang menjanjikan bantuan keuangan ke Utara dengan syarat bahwa Pyongyang ternyata dalam mata-mata mereka. Untuk mencegah elit dari jatuh ke tangan musuh, pemerintah Korea Utara memerintahkan puluhan mata-mata yang bertugas aktif untuk mengambil kehidupan mereka sendiri.

Menyinggung masalah konflik, konflik antara Korea Utara dan Selatan memiliki jejak sejarah yang panjang. Seperti yang terjadi pada banyak negara lainnya, termasuk Indonesia, akhir Perang Dunia II menggoreskan berbagai perbatasan baru. Di Korea, Uni Soviet dan Amerika Serikat membelah Korea menjadi dua, yang kemudian secara resmi membentuk Rakyat Demokratik Republik Korea Utara dan Republik Korea, dua sisi Korea yang kini terbelah di 38 derajat lintang utara –dan ini kenapa perbatasan antara kedua negara sering disebut sebagai ‘38th parallel’.  Dalam dua tahun berikutnya, ketegangan antara kedua Korea ini terus meningkat. Pada tanggal 25 Juni 1950, militer Korea Utara menyeberangi perbatasan dan melakukan invasi atas Korea Selatan. Tindakan ini memulai Perang Korea yang berlangsung selama tiga tahun dan memakan korban sekitar dua juta nyawa. Gencatan senjata terjadi pada tahun 1953. Pemicu kelangsungan perang antara kedua belah pihak karena perjanjian perdamaian tidak pernah ditanda tangani, sampai sekarang kedua negara tersebut secara ‘resmi’ masih dalam kondisi perang. Hal ini juga merupakan diplomasi yang gagal sehingga terjadi konflik.

Pada film ini juga menjelaskan tentang bagaimana pengaruh sosial dalam bentuk kepribadian. Lingkungan kerja sangat berpengaruh dalam membentuk kepribadian seseorang, dan juga lingkungan kerja sering menimbulkan konflik batin, yaitu untuk menentukan keputusan dalam mengambil skala prioritas (Drs.Sugiharyanto, 2006:65).

Pada mulanya, pasukan khusus 5446 tidak memiliki rasa sosialisasi sama sekali, mereka hanya diajarkan bagaimana caranya untuk bertahan hidup dari kejamnya dunia, bertarung dan membunuh tanpa ada rasa ragu, kemudian menjalankan tugas Negara demi kejayaan Republik. Hingga pada akhirnya dia menerima perintah untuk menjadi mata-mata di Korea Selatan, setelah berinteraksi dengan lingkungan yang sedemikian rupa, merubahnya menjadi manusia yang peduli dengan sesama. Hingga akhirnya Korea Utara menganggap mereka sebagai pengkhianat.
             



No comments:

Post a Comment